Widget HTML Atas

Apa sich Busi?? Yuks Simak Penjelasannya

 Busi merupakan sebuah komponen kecil namun memiliki efek yang luar biasa pada sebuah mesin.Banyak orang mengenalnya namun sangat jarang memahami apa arti sebenarnya dari busi.Yuks simak penjelasan antonkevas secara lengkap berikut ini.

Spark plugs bahasa kerennya merupakan sebuah cctv yang merekam secara langsung apa yang sedang terjadi di dalam area ruang pembakaran baik untuk mesin sepeda motor maupun mobil.Sekaligus sebagai pertanda atau ciri kondisi hasil pembakaran.

Oleh sebab itu sebagian besar para mekanik,mengandalkan busi sebagai alat untuk menganilis sumber masalah pada mesin,menentukan settingan karburator secara tepat bahkan performa sebuah mesin.

Apa sich Busi?? Yuks Simak Penjelasannya


Busi Menurut Fungsinya

Sebenarnya spark plugs mampu memberikan beberapa fungsi,namun tetap saja hanya 2 fungsi yang paling utama adalah sebagai berikut:

  • Membakar hasil pencampuran bahan bakar serta udara yang telah di atur dahulu melalui injektor maupun karburator.
  • Selanjutnya sebagai pelepas panas yang terjadi di ruang pembakaran dan menariknya suhu panas tersebut kedalam sistem pendingin mesin.

Sebagai pemercik api yang akan membakar hasil pencampuran udara dengan bahan bakar,tentu saja akan membutuhkan energi listrik yang cukup bagus sehingga mampu menghasilakn pembakaran yang sempurna.

Tentu saja busi tidak bisa bekerja sendirian,karena dalam sistem pengapian memerlukan komponen pendukung lain yakni mulai dari spul,aki,cdi sampai dengan koil.

Jenis dan Type Busi Pada Umumnya

Nah untuk busi dapat dibedakan berdasarkan type dan jenis busi jadi pastikan menggunakan busi yang sesuai sehingga tidak terjadi salah menentukan pilihan.Untuk type busi terdapat 2 type yaitu Type Dingin dan Type Panas.Sedangkan menurut jenisnya busi dapat dibedakan menjadi 5 jenis yakni busi standart,busi resistor,busi racing,busi platinum serta busi iridium.

Tips Memilih Busi dengan Tepat

Berikut adalah hal-hal yang harus sobat perhatikan dalam memilih busi sehingga performa mesin selalu tetap dalam kondisi yang bagus.

1. Ukuran Busi 

Apa sich Busi?? Yuks Simak Penjelasannya


Gunakan busi yang mempunyai panjang,diameter serta jangkauan insulator yang pas sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin.Apabila tidak sesuai dalam panjangnya bisa mengenai ujung dari piston.Sedangkan dengan diameter yang tidak pas seperti longgar atau sesak akan merusak rumah busi.

2.Angka Panas Busi

Apa sich Busi?? Yuks Simak Penjelasannya


Pada sebuah busi pasti tertera sebuah kode angka yang menyebutkan type busi yang digunakan apakah dingin atau panas.Apabila angka pada busi yang dipakai terlalu besar berarti busi terlalu dingin begitu pula sebaliknya.

Akibat busi terlalu dingin maka akan menimbulkan pengendapan karbon pada ujung elektroda busi ( karbon fuling ) dan bila busi terlalu panas bisa berakibat gagalnya pengapian ( missfire ).

3.Gunakan Busi Asli 

Apa sich Busi?? Yuks Simak Penjelasannya


Karena merupakan salah satu komponen yang paling sering dipakai,tentu saja membuat pihak pabrik kendaraan menyerahkan kepada pihak ke 2/vendor ( pembuat sparepart) serta juga pihak ke 3.Hal inilah yang memicu munculnya sparepart Kw/bukan asli.Maka untuk membedakan busi asli dengan busi kw perhatikan hal dibawah ini:

  • Kode no produksi,biasanya pada busi kw tidak terdapat kode produksi sedangkan asli pasti terdapat kode produksinya.
  • Ring gas gasket pada busi asli sangat sulit sekali dilepas,sedangkan busi kw biasanya longgar sehingga mudah terlepas.
  • Pada bagian metal shell busi asli lebih mengkilap,sedangkan busi palsu dalam kondisi buram mudah berkarat.
  • Ulir pada busi kw sangat kasar sedangkan busi asli halus dan rapi
  • Bentuk konstruksi busi asli lebih rapi dan halus sedangkan busi kw tidak rapi.

Nah dengan menggunakan busi asli,maka pembakaran sempurna pada busi kendaraan bisa terwujud,apalagi didukung komponen kelistrikan bagus lainnya.

Demikian informasi mengenai busi,semoga dengan membaca artikel diatas sobat lebih jeli dan teliti dalam memilih busi kendaraan yang sobat pakai.Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.



antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "Apa sich Busi?? Yuks Simak Penjelasannya"