Widget HTML Atas

Bagian Motor Matic Yang Wajib Sobat Tahu

 Keberadaan motor matic ditanah air sangat beragam sekali,mulai dari 110 cc,150 cc bahkan hingga 250 cc.Namun sudah tahukah sobat,apa saja nama di bagian bagian motor matic?berikut penjelasannya.

Bagi seorang mekanik tentu hal seperti ini tidak perlu ditanyakan lagi,namun bagi seorang pemula yang baru mengenal sepeda motor tentu masih merasa kebingungan.Sebab sebuah sepeda motor terdiri dari beberapa bagian.Baik untuk sepeda motor matic,motor bebek maupun motor sport memiliki basic yang sama.

Bagian bagian Motor Matic

Bagian Motor Matic Yang Wajib Sobat Tahu



Berikut adalah beberapa bagian dari motor matic beserta fungsinya:

1.Engine atau Mesin Sepeda Motor

Engine atau mesin secara umum mempunyai peranan yang cukup vital.Yaitu sebagai sumber tenaga yang berfungsi untuk mengoperasikan performa dari sepeda motor.Engine atau mesin juga dibedakan lagi menjadi beberapa jenis yaitu mesin 2 tak,mesin 4 tak maupun motor listrik.

Cara kerja Bagian Mesin Motor Matic 2 tak

Langkah 1 ( Pertama )

• Piston bergerak dari TMA ke TMB,dan pada saat bergerak ke TMB piston akan menekan ruang bilas yang berada di bawahnya.Dan semakin jauh piston bergerak meninggalkan TMA menuju TMB maka akan meningkat pula tekanan yang ada di ruang bilas.
• Pada titik tertentu piston dan ring piston akan melewati lubang pembuangan dan lubang masuk gas.Pada saat piston melewati lubang pembuangan,gas yang berada di ruang bakar akan keluar melalui lubang pembuangan.
• Sedangkan piston melewati lubang masuk,gas yang berada di ruang bilas akan terpompa ke dalam ruang bakar.Dan sekaligus akan mendorong gas yang berada di ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.Dan piston akan bergerak sampai ke titik TMB dan gas tetap akan terpompa dari ruang bilas ke ruang bakar.

Langkah 2 ( Kedua )

• Piston bergerak dari TMB ke TMA,piston akan menghisap gas dari hasil percampuran bahan bakar dengan udara.Yang terlebih dahulu telah di campur di bagian Karburator atau sistem injeksi,masuk ke dalam ruang bilas.
• Saat melewati lubang masuk dan lubang pembuangan,maka piston akan melakukan kompresi gas yang berada di ruang bakar.
• Piston akan tetap melakukan kompresi sampai di titik TMA.
• Beberapa saat sebelum masuk ke titik TMA,busi motor akan menyala dan membakar gas yang berada di ruang bakar.Nyala busi motor menyala sebelum piston sampai ke titik TMA.
• Hal ini maksutkan agar puncak tekanan akibat pembakaran bisa terjadi.Dan pembakaran di ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB.

Cara Kerja Bagian Mesin Motor Matic 4 tak

Langkah Pertama

• Piston bergerak dari titik TMA ke TMB,maka posisi klep masuk motor akan terbuka dan posisi klep buang motor akan menutup.Maka akan mengakibatkan gas akan terhisap masuk ke dalam ruang bakar.

Langkah Kedua

• Piston bergerak dari titik TMB ke TMA,maka posisi katup masuk dan katup buang akan menutup sehingga gas yang berada di ruang bakar akan terkompresi.Dan beberapa saat sebelum piston masuk ke posisi TMA maka timming ignition ( waktu penyalaan) terjadi pada busi motor.

Langkah Ke Tiga

• Gas yang terbakar di dalam ruang bakar,otomatis akan meningkatkan tekanan yang berada di ruang bakar.Sehingga akan mengakibatkan piston terdorong dari posisi TMA ke titik TMB.Dan langkah ini biasa disebut langkah menghsilkan tenaga.

Langkah Ke Empat

• Piston bergerak dari posisi TMB ke posisi TMA,sedangkan posisi klep masuk dalam posisi tertutup sedangkan klep buang dalam posisi terbuka.Maka pergerakan piston ini akan mendorong sisa gas pembakaran menuju ke klep buang dan akan langsung diteruskan ke dalam lubang pembuangan.

Dan berikut adalah bagian bagian dari mesin motor:

• Cylinder Head atau Kepala Silinder

Kompone pertama di bagian mesin motor adalah kepala silinder.Disebut kepala silinder karena letak atau fungsi dari komponen ini adalah sebagai penutup dari silinder blok.Selain itu juga terdapat komponen lain yang ada didalamnya seperti Noken as,klep motor maupun dudukan busi motor.
Sedangkan untuk membedakan kepada silinder dengan blok silinder terdapat sebuah gasket.Gasket tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi.Gasket terbuat dari bahan aluminium sehingga anti karat dan tahan terhadap temperature panas yang cukup tinggi.Lihat Rumus Menghitung Lebar Squice Head

• Block Cylinder atau Silinder Blok

Sebuah komponen yang terletak dibawah kepala silinder.Mempunyai fungsi sebagai rumah piston ( lengkap beserta ring piston ) serta proses piston untuk mendorong kompresi.Rumah piston tersebut dikenal juga dengan sebutan Liner Cylinder.

Liner dan blok silinder merupakan satu bagian yang dapat dipisah,jadi ketika liner silinder sudah dalam kondisi aus / rusak maka dapat di ganti dengan liner silinder yang baru.

• Crankcase atau Bak Engkol Mesin

Crankcase merupakan sebuah komponen mesin yang memiliki kegunaan sebagai kopling mesin,generator atau altenator,pompa oli serta sebagai poros engkol.Biasanya terbuat dari campuran aluminium dan terletak di bagian bawah komponen mesin silinder.

Piston atau Torak

Merupakan sebuah komponen mesin yang berfungsi sebagai pemindah tenaga sebuah mesin yang dihasilkan dari proses pembakaran crank shaft ( kutub engkol ).Baca Cara Memasang Piston Yang Benar

• Ring Piston atau Cincin Torak

Merupakan komponen mesin yang mempunyai fungsi mencegah terjadi kebocoran kompresi,menjaga oli agar tidak masuk ke ruang bakar serta tempat menyalurkan panas piston ke dalam dinding silinder.Baca Cara Memasang Ring Piston  Yang Benar

• Crank shaft atau Kutub Engkol

Sebuah komponen mesin yang berfungsi sebagai pengubah gerak turun naiknya piston untuk dapat bergerak berputar dengan cepat sehingga mampu menjalankan roda sebuah sepeda motor.

• Bearing Kruk As

Merupakan salah satu komponen mesin yang berfungsi agar mampu meminimalisir gesekan yang bisa terjadi di kutub engkol ( crank shaft ).

Roda Gila atau FlyWheel

Sebuah komponen mesin yang berguna sebagai tempat penyimpanan sebuah tenaga putar yang di hasilkan oleh poros engkol dan dapat terus bekerja bersama dengan komponen mesin lainnya.

• Valve ( katup / klep),Valve Spring ( pegas katup) dan Rocker Arm ( pelatuk katup)

Merupakan beberapa komponen yang tergabung dalam satu kombinasi yang mampu memberikan manfaat yang berbeda-beda.Pada prinsipnya bagian ini berguna untuk membuka dan menutup aliran masuk maupun aliran buang.Baca Cara Mudah Melakukan Sekur Klep

Sedangkan pegas katup atau per klep berfungsi untuk mengembalikan posisi katup pada posisi seperti semula sehingga akan menutup dengan sangat rapat.

Push Rod ( Batang Pendorong ) dan Valve Lifter ( Perangkat Katup )

Push Rod berfungsi sebagai penerus dari pergerakkan Valve Lifter ke Rocker Arm.Sedangkan Valve Lifter sendiri sebagai pemindah suatu gerakan Rocker Arm melewati Push Rod.

• Karter atau Poros Bubungan dan Pen Piston

Karter atau poros bubungan berfungsi sebagai pembuka dan penutup sebuah katup yang terkena oli pelumas di bagian karter.Kemudian pistonlah yang akan menghubungkan ke Connecting Rod melalui lubang Bushing pada Pen Piston.

Bantalan Luncur Aksial,Timming Chain dan Dudukan Katup

Dudukan katup,bantalan luncur aksial dan timming chain merupakan salah satu dari bagian motor matic yang mempunyai fungsi yang beragam.Fungsi bantalan luncur aksial adalah sebagai penahan poros engkol.Sedangkan fungsi timming chain adalah sebagai penghubung poros engkol dengan poros lainnya.Dan untuk fungsi dudukan katup adalah sebagai tempat dudukan katup pada saat posisi menutup.

2.Kelistrikan

Bagian bagian motor matic selanjutnya adalah di bagian kelistrikan.Kelistrikan ini merupakan sebuah rangkaian atau skema yang ada pada seluruh sepeda motor matic.Dimana fungsi kelistrikan pada motor adalah sebagai salah satu komponen agar kendaraan bermotor dapat berjalan sebagaimana mestinya.Bagian bagian Kelistrikan pada motor matic meliputi banyak hal seperti mekanisme kelistrikan untuk menyalakan busi motor,mekanisme kelistrikan pada body motor serta panel-panel pendukung untuk pencahayaan serta kelengkapan yang lain.

3.Chasis

Mempunyai beberapa fungsi yaitu berfungsi sebagai tempat dudukan atau peletakkan semua komponen sepeda motor serta mengatur jalannya kendaraan.Biasanya terbagi dalam beberapa unit bagian.

4.Kerangka

Untuk kerangka pada sepeda motor memiliki fungsi sebagai tempat dudukan dari komponen sepeda motor,seperti mesin,cover body,kelistrikan motor serta beberapa komponen pendukung lainnya.

5.Power Train ( Pemindah Tenaga )

Merupakan salah satu dari bagian motor matic adalah Power Train.Pemindah Tenaga memiliki fungsi memindahkan tenaga dari mesin ke bagian roda sepeda motor.Proses ini biasanya berdasarkan pada kenaikan dan kecepatan dari sebuah kendaraan.Pemindah tenaga ini meliputi beberapa komponen yakni transmisi,rantai atau v-belt,sproket dan roda.

6.Setir atau Steering

Bagian motor matic selanjutnya adalah di bagian Setir.Fungsi steering sendiri adalah untuk mengatur atau mengontrol kendaraan pada saat berjalan.Dimana mekanisme di atur dengan menempatkan roda yaitu roda depan sebagai pemasti arah yang sudah terhubung dengan setir melalui shocbeker depan ( front fork ).

Demikian informasi mengenai bagian motor matic yang sebaiknya sobat ketahui.Perlu diperhatikan juga bahwa bagian motor matic secara umum sama dengan bagian motor bebek atau manual.Hal yang membedakan hanya terletak di bagian pemindah tenaga saja yang menggunakan komponen CVT.
antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk " Bagian Motor Matic Yang Wajib Sobat Tahu"