Widget HTML Atas

2 Cara Mudah Melakukan Skur Klep

Kompresi motor yang mengalami kebocoran bisa disebabkan oleh beberapa hal.Mulai dari piston yang mengalami aus,ring piston yang sudah longgar maupun kondisi klep yang sudah tidak rapat lagi.Oleh sebab itu penting untuk mengetahui 2 cara mudah melakukan skur klep.

Klep yang tidak rapat biasanya akan menyebabkan motor mengalami ngempos atau hilang tenaga.Selain itu juga pemakaian bahan bakar akan menjadi lebih boros.Dan bisa juga menyebabkan busi motor sobat cepat mengalami mati.

2 Cara Mudah Melakukan Skur Klep



Berikut adalah penjelasan akibat klep tidak rapat:

1.TEKANAN KOMPRESI TURUN

Ketika ke 2 klep baik hisap maupun buang dalam kondisi bocor,maka tentu saja tekanan/kompresi  akan menjadi berkurang.Jadi untuk mendapat tekanan kompresi yang padat,ke dua buah klep harus dalam kondisi rapat.Artinya ketika piston melakukan tekanan campuran bahan bakar dan udara melewati klep yang tidak rapat otomatis tekananntersebut menjadi berkurang.

2.TENAGA MENJADI NGEMPOS

Jadi ketika motor melakukan langkah kompresi yaitu ketika bercampurnya bahan bakar dengan udara ke dalam ruang bakar dan akan menghasilkan tenaga  yang akan didorong keluar oleh piston.Namun ketika tenaga dalam posisi didorong,ada salah satu klep atau bahkan keduanya mengalami tidak rapat atau bocor maka tenaganya akan menjadi ngempos atau berkurang.

3.BUSI MENJADI CEPAT MATI

Kondisi Klep yang tidak rapat akan membuat mesin motor susah untuk dihidupkan.Ketika motor yang susah dihidupkan tersebut di paksa untuk tetap hidup dengan melakukan switch starter maupun kickstarter,maka udara yang telah tercampur dengan bahan bakar akan menumpuk diruang bakar dan akan membasahi busi.

Atau bisa saja perbandingan bahan bakarnya terlalu banyak,sehingga ketika dalam proses pembakaran tidak ikut terbakar semua.Sehingga tertinggal dan menumpuk di ujung elektroda busi.Tindakan inilah yang membuat busi cepat mati. 

4.KELUAR ASAP PUTIH PADA KNALPOT

Kondisi klep tidak rapat bisa menyebabkan oli mesin masuk dan ikut terbakar ketika terjadi proses pembakaran.Biasanya hal ini ditandai dengan keluarnya asap putih ketika motor dalam kondisi hidup.Dan bila dibiarkan secara terus menerus oli yang didalam mesin akan habis.

Nah untuk mengatasi akibat yang ditimbulkan oleh klep yang tidak rapat perlu dilakukan dengan melakukan skur klep.

CARA MUDAH MELAKUKAN SKUR KLEP

Dalam prakteknya,melakukan skur klep dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara manual dan cara bantuan mesin.Cara manual adalah melakukan skur klep dengan menggunakan tangan sedangkan cara yang kedua menggunakan bantuan mesin berupa bor listrik.

Proses melakukan skur klep baik manual maupun dengan bantuan mesin tetap melalui proses yang sama.

1.CARA SKUR KLEP MANUAL

  • Siapkan selang yang berukuran sama dengan  ukuran tiang klep dan sesuaikan panjang selangnya.
  • Kemudian oleskan grinding paste pada payung klep.Grinding paste sendiri mempunyai 2 macam type yakni Coarse End ( kasar ) dan Fine End ( halus ).
  • Coarse End atau pasta kasar basanya digunakan ketika sobat habis melakukan pergantian sitting klep dan Fine End sebagai finishingnya.
  • Beri sedikit bensin pada grinding paste,tujuannya untuk mempermudah payung klep ketika nanti diputar.
  • Lakukan putaran klep dengan cara dipilin pada bagian selang yang telah tersambung pada batang klep.
  • Saat memilin sekaligus sambil menarik agar payung dan dudukan klep rata.Sambil sesekali mengangkat payung klep.
  • Ketika sudah dirasakan kondisi klep dan sitting klep sudah rata,segera bersihkan.
  • Setelah dilakukan pembersihan,lakukan pemeriksaan apakah masih ada kebocoran.Pasang klep terlebih dahulu pada bagian yang habis dilakukan skur.
  • Kemudian tekan menggunakan tangan,sehingga klep akan menutup.Lalu isikan bensin dan periksa apakah masih ada kebocoran.
  • Apabila tidak berarti proses skur klep telah selesai.

2.SKUR KLEP DENGAN BOR LISTRIK

  • Siapkan bor listrik terlebih dahulu dan atur pada kecepatan yang tidak terlalu kencang.
  • Langkahnya sama dengan cara manual.
  • Pastikan untuk mengoleskan grinding paste.
  • Masukkan selang ke batang klep,kemudian hidupkan bor untuk memutar klep.Lakukan sambil sesekali diangkat dan juga ditarik agar terjadi geseskan antara daun klep dengan sitting klep.
  • Usahakan dalam proses,bor dalam kondisi lurus.
  • JIka dirasa klep dan sitting klep sudah dalam kondisi rata dan halus,lakukan pembersihan.
  • Setelah dilakukan pembersihan,lakukan pemeriksaan apakah masih ada kebocoran.Pasang klep terlebih dahulu pada bagian yang habis dilakukan skur.
  • Kemudian tekan menggunakan tangan,sehingga klep akan menutup.Lalu isikan bensin dan periksa apakah masih ada kebocoran.
  • Apabila tidak berarti proses skur klep telah selesai.
Cara diatas dapat dipraktekan dengan mudah dan gampang.Lakukan secara perlahan dan teliti agar hasil skur klep berhasil dengan sempurna.Dan masalah yang terjadi pada motor sobat akan teratasi.

Demikian informasi mengenai 2 cara mudah dalam melakukan skur klep,semoga bisa sobat praktekkan sendiri.Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan pada motor sobat dengan melakukan ganti oli maupun membersihkan karburator.


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "2 Cara Mudah Melakukan Skur Klep"