Widget HTML Atas

4 Hal Penyebab Mesin Motor Ngelitik

Sebagai pemilik kendaraan bermotor tentu saja kita harus benar-benar mengetahui permasalahan yang terjadi pada motor kesayangannya seperti penyebab mesin motor ngelitik.Kondisi seperti ini apabila dibiarkan secara terus menerus tentu saja akan menyebabkan mesin motor mengalami masalah yang serius.

Selain itu juga anda harus mengeluarkan uang ekstra lebih untuk melakukan perbaikkan,maka dari itu alangkah baiknya mencegah daripada memperbaiki.

Penyebab suara mesin motor kasar atau ngelitik sendiri disebabkan oleh banyak hal seperti salah dalam menggunakan bahan bakar.Ngelitik atau bahasa kerennya pre ignition terjadi karena pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna.

Pembakaran yang tidak sempurna ini akibat dari oktan bahan bakar yang terlalu rendah yang meledak terlebih dahulu ketika piston motor menekan atau terjadi kompresi.Padahal bahan bakar ini seharusnya meledak di akhir kompresi setelah busi memercikkan api.



Jadi sebenarnya ngelitik sendiri adalah berasal dari hasil tabrakan antara piston dan bahan bakar,ketika piston sedang naik menuju titik paling atas atau top dead centre (TMA).Karena kondisi mesin sedang bekerja maka bisa menjadi penyebab mesin motor ngelitik saat panas.

Penyebab Mesin Motor Ngelitik

Berikut beberapa hal yang bisa membuat mesin motor ngelitik dan biasa terjadi pada setiap kendaraan pada umumnya:

1.Oktan Bahan Bakar yang dipakai Rendah



Bahan bakar yang memiliki oktan yang cukup tinggi atau sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan motor yang anda pakai,tentu tidak akan mudah terbakar atau bisa dikatakan akan terbakar setelah busi memercikkan api dititik puncak.

Bahan bakar yang mempunyai oktan yang cukup rendah akan mudah sekali terbakar walaupun piston belum mencapai titik mati atas sehingga terjadilah letupan dan disebut juga dengan ngelitik.

2.Busi Motor Sudah Aus



Selain bahan bakar yang menjadi faktor mesin motor ngelitik,ada busi di urutan kedua.Busi adalah salah satu elemen yang berkaitan erat dengan pembakaran pada sebuah mesin.Apabila kondisi busi mengalami aus atau tidak sesuai dengan type busi yang direkomendasikan merk pabrikan motor yang anda pakai tentu akan terjadi masalah.

Masalah yang timbul biasanya busi tidak dapat memercikkan api dengan sempurna atau bisa saja api yang dihasilkan terlalu lemah.Kegagalan dan kegagalan inilah yang nanti akan memicu terjadi ledakan atau disebut juga engine knocking.

Di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis busi yakni busi jenis panjang dan pendek serta untuk type dingin dan type panas.Apabila salah dalam memilih busi tentu akan mempengaruhi dalam proses pembakarannya.

3.Settingan Klep Motor yang Kurang Tepat



Settingan klep yang kurang tepat sangat berpengaruh sekali didalam proses pembakaran dari sebuah mesin itu sendiri.Karena asupan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar tidak sesuai sehingga mesin lama kelamaan suhunya akan naik dan terjadilah ngelitik.

Aturlah posisi settingan klep motor sesuai standart pabrik yang dianjurkan,untuk meminimalisir resiko kerusakan pada mesin motor anda.

4.Oli Pelumas mesin yang dipakai Tidak Tepat



Dengan tidak memakai standart kekentalan oli pelumas mesin yang dianjurkan tentu berpengaruh dengan gerak mesin dalam bekerja.Apabila kondisi oli pelumas terlalu buruk maka hentakan atau dorongan piston ketika melakukan kompresi akan menjadi lemah.

Imbasnya pembakaran bahan bakar dengan percikan busi tidak terjadi dengan semestinya,maka terjadilah ledakan-ledakan.Dan juga akan meninggalkan kerak akibat dari proses pembakaran yang kurang sempurna tersebut.

Sebagai pemilik anda harus lebih selektif lagi dalam menentukan oli pelumas yang akan dipakai pada mesin anda,karena sekarang banyak sekali oli kw yang beredar sehingga harus tahu cara membedakan oli palsu.

Demikian 4 hal penyebab mesin motor ngelitik yang bisa terjadi pada motor anda,lakukan tindakan preventif perawatan agar masalah pada mesin dapat terdeteksi lebih awal.Dan tentu saja motor kesayangan anda akan lebih awet dan prima.


sala,antonkevas.com👍👍


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "4 Hal Penyebab Mesin Motor Ngelitik"