Widget HTML Atas

11 Tips Cara Menambah Kecepatan Motor

 Siapa yang tidak ingin memiliki sepeda motor dengan performa yang baik??Seperti yang sobat ketahui sendiri,bahwa motor yang sobat miliki bukannya performa atau kecepatan bertambah oke tetapi malah menurun.Oleh sebab itu perlu mengetahui sedikit tips cara menambah kecepatan motor yang paling mudah sobat lakukan.

Banyak cara yang dapat sobat lakukan untuk menambah kecepatan atau performa sebuah motor.Ada yang dilakukan dengan perombakkan yang luar biasa / total,namun ada juga dengan melakukan sebagian saja (motor harian).Namun apabila digunakan untuk motor harian saja,sobat jangan melakukan perombakkan total,karena part yang sudah di maksimalkan kinejanya  sangat cocok untuk digunakan dalam ajang balap saja.

Berikut adalah tips cara menambah kecepatan motor.

11 Tips Cara Menambah Kecepatan Motor


1.MELAKUKAN PORTING POLISH

Porting polish adalah suatu metode untuk menghaluskan lubang hisap dan juga lubang buat pada bagian head sebuah motor.Karena dengan menghaluskan lubang akan membuat pasokan yang masuk ke ruang bakar menjadi lancar.Begitupun tenaga yang dihasilkan otomatis akan bertambah lebih besar.

=> 6 cara stroke up grand yang wajib sobat ketahui

2.MEMAPAS BAGIAN HEAD

Hal ini bertujuan untuk memadatkan kompresi sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi lebih kuat.Namun sobat harus memperhitungan dengan matang agar tidak terjadi benturan antara piston dengan klep.Biasanya dalam memapas bagian head juga dilakukan pembuatan sudut piston yang tepat.

3.MENGGANTI KLEP YANG LEBIH BESAR

Dengan mengganti klep yang lebih besar baik klep bagian hisap dan juga klep bagian bakar.Maka tenaga dan nafas yang dihasilkan oleh mesin akan bertambah besar dan panjang.Namun bila sobat memiliki budget yang pas-pasan cukup melakukan metode porting polish sudah bisa membantu menambah performa.

4.MEMAPAS NOKEN AS

Noken as berfungsi untuk mengatur titik buka pada klep.Biasanya hanya dilakukan pemapasan dibagian pantatnya saja,sekitar 1 - 1,5 mm saja.Bisa sobat lakukan dengan meminta bantuan tukang bubut terdekat.

5.MEMAJUKAN TIMMING PENGAPIAN

Memajukan timming pengapian memang akan mempercepat proses pembakaran,namun membutuhkan biaya tak tidak murah.Karena sobat harus merubah beberapa sistem kelistrikkanya yakni seperti koil dan Cdi.

6.MENGGANTI KARBURATOR YANG LEBIH BESAR

Melakukan reamer atau mengganti karburator bisa menjadi salah satu solusi menambah performa motor sobat.Lakukan setting karburator di bagian main jet dan pilot dengan tepat.

Tips diatas bisa diberlakukan pada setiap motor bermesin 4 tak manual.Tetapi bagi sobat yang memiliki kendaran matic,sebagai contoh saja yaitu cara menambah kecepatan motor beat fi bisa sobat tambahkan hal berikut.

7.MENGGANTI UKURAN ROLLER

Tips ini banyak dipakai para pecinta motor matic,yakni dengan mengganti ukuran roller sesuai dengan kebutuhannya.Yang dimaksud disini adalah untuk mendapatkan akselerasi atau untuk mengejar top speed.Apabila ingin mengejar akselerasi gunakan roller ukuran 8 gr dan top speed dengan 10 atau 12 gr.Pastikan semua ukuaran roller sama dalam 1 set dan jangan lakukan tindakan pemasangan roller menyilang dengan bobot roller berbeda ukuran.

8.MENGGANTI PER CVT

Dengan melakukan pergantian per cvt standart dengan part racing,diharapkan kampas ganda lebih responsif ketika motor di gas.

9.JANGAN GUNAKAN UKURAN BAN YANG LEBIH BESAR

Ukuran ban yang terlalu besar tentu saja mempengaruhi kinerja mesin,makin besar ukuran roda makin besar pula mesin akan bekerja.Tepati bila bila sobat menggunakan ukuran ban yang sangat kecil bisa menimbulkan bahaya ketika sedang berkendara.Pasanglah ukuran ban yang standart saja.

10.MENGGANTI ECU ATAU ECM

Bila motor injeksi yang sobat miliki sudah dilakukan perombakkan yang cukup besar,penggantian ECU racing bisa menjadi sebuah pilihan.Karena hal ini akan berpengaruh pada sistem kelistrikan atau pengapian yang lebih besar.

11.MEMAPAS BAGIAN PISTON

Hal ini bertujuan untuk mengurangi berat di bagian piston,karena semakin ringan berat piston maka akan lebih mudah dalam mesin bekerja karena lebih ringan.Bagian ang dipapas biasanya dibagian bawah pen piston.Dan bisa juga melakukan coakkan pada kepala piston,agar klep hisap dan klep buang membuka lebih lebar serta menghindari klep bertabrakan dengan piston.

Demikian 11 tips cara menambah kecepatan motor,hal ini berdasarkan pengalaman antonkevas sendiri serta ditambah dari berbagai sumber.Semoga bisa membantu sobat,bagi ang ingin motornya berjalan lebih kencang lagi.


antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

No comments for "11 Tips Cara Menambah Kecepatan Motor"