Widget HTML Atas

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet

 Intensitas pemakaian yang cukup tinggi juga bisa menjadi salah point penyebab motor matic mengalami masalah seperti berebet.Oleh karena itu antonkevas akan berbagi informasi mengenai 8 penyebab dan solusi motor matic brebet di putaran bawah.Sehingga motor matic sobat akan selalu dalam kondisi yang baik.

Tarikan motor brebet pada motor matic merupakan masalah yang sudah umum terjadi,bisa terjadi pada tarikan awal atau pada putaran mesin dalam kondisi rendah.Namun ada juga dan bisa terjadi ketika suhu mesin dalam kondisi merangkak naik.Ditandai oleh tarikan gas yang terasa loyo ( ciri-ciri motor matic ngempos).

Filter udara dalam kondisi yang sudah kotor bisa menjadi pemicu motor matic menjadi brebet,karena dengan kondisi filter udara yang kotor menyebabkan kotoran atau debu masuk ke dalam ruang bakar sehingga hasil pembakaran menjadi kurang sempurna.

8 penyebab dan solusi motor matic brebet


Namun buka hanya filter udara saja,mari kita simak saja apa saja yang menjadi penyebab motor matic brebet:

1.FILTER UDARA DALAM KONDISI KOTOR

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Sedikit telah dijelaskan diatas,bahwa kondisi filter udara yang kotor mampu membuat tarikan motor matic menjadi brebet.Kenapa filter udara menjadi penyebabnya??

Untuk menghasilkan tenaga sistem injektor memerlukan pencampuran bahan bakar dan udara yang tepat.Namun ketika filter udara dalam kondisi kotor,maka udara yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit karena terhalang oleh debu.

Solusinya adalah dengan melakukan pembersihan di bagian filter udara.Untuk metode pembersihan filter udara dengan benar bisa sobat lihat di bit.ly/3hhsT80.Dengan kondisi filter udara yang bersih tentu akan membuat udara yang dibutuhkan akan tercukupi sehingga bahan bakar menjadi tidak boros.

2.SENSOR MENGALAMI KERUSAKAN

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Untuk motor yang sudah menggunakan tekhnologi injeksi menggunakan beberapa sensor untuk membantu kinerjanya.Kenali beberapa sensor seperti sensor ckp,sensor eot dan sensor tps serta sensor yang lain.

Apabila terjadi salah satu sensor mengalami kerusakan akan ditandai dengan lampu idikator MIL menyala.Arti kedipan MIL dapa sobat baca secara manual untuk mengindetifikasi kerusakkannya.Pahami arti kode mil pada yamaha dan pahami kode mil pada motor honda.Karena kode merk motor ini memiliki kode angka kedipan yang berbeda.

Namun bila sudah memiliki alat diagnosis tool scanner,bisa sobat gunakan untuk mendeteksi sensor mana yang mengalami kerusakan.

3.TEKANAN FUEL PUMP LEMAH

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Pompa bahan bakar atau biasa disebut dengan fuel pump,tugasnya adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki motor.Fuel pump mulai bekerja ketika kontak motor dalam kondisi ON.Namun bila alat ini mengalami masalah tentu saja suplai bahan bakar menjadi berkurang.

Nah untuk mengatasi hal tersebut sobat bisa melakukan pembongkaran dibagian fuel pump tersebut.Apabila sobat tidak mengetahui caranya bisa sobat baca artikel antonkevas mengenai cara memperbaiki pompa bahan bakar pada motor injeksi.

4.INJEKTOR TERSUMBAT

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Fungsi dari injektor adalah untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang bakar.apabila injektor dalam kondisi tersumbat maka suplai bahan bakar menjadi berkurang.

Penyumbatan pada injektor biasanya disebabkan oleh banyak hal seperti kotoran pada bahan bakar,karat pada bagian injektor dan jarang sekali melakukan perawatan.

Untuk mengatasi hal ini sebetulnya sangat mudah dan gampang tanpa harus membawa ke bengkel.Namun bagi sobat yang belum mengetahuinya simak tutorialnya pada cara gampang mengatasi injektor yang mampet.

5.BUSI DALAM KONDISI LEMAH

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Kondisi busi dalam keadaan yang lemah tentu akan memercikkan bunga api yang kecil sehingga tudak terjadi pembakaran yang sempurna.Untuk busi yang melakukan pembakaran dengan sempurna,ciri-cirinya ujung busi berwarna merah kecoklatan.Nah oleh sebab itu gunakan busi yang telah direkomendasikan pabrikan motor yang saat ini sobat pakai,namun masalah lain juga bisa menjadi masalah seperti cop busi.

6. COP BUSI BERMASALAH

Masalah pada cop busi akan membuat suplai aliran listrik menjadi berkurang akibatnya api busi menjadi lebih kecil.Kondisi ini bisa diakibatkan oleh kotoran ang ada pada bagian cop atau bisa juga cop busi sudah dalam keadaan rusak atau konslet.

Masalah cop busi memang kadang disepelekan oleh si pemilik,namun untuk memastikan bahwa cop dalam kondisi rusak sobat harus memeriksanya.Bila memang dalam kondisi rusak segera ganti dengan cop busi yang baru dan harganya tidak terlalu mahal.Dan pastikan juga koil dan kabelnya dalam kondisi bagus,karena komponen ini saling berkaitan.Simak cara mendeteksi koil mati.

7.AKI DALAM KONDISI TIDAK NORMAL

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Untuk motor dengan menggunakan sistem injeksi,memanfaatkan tegangannya untu membuat kinerja sensor menjadi stabil.Namun bila kondisi aki dalam kondisi tidak normal alias ngedrop atau soak pasti akan berpengaruh sehingga akan membuat motor menjadi brebet.

Sobat bisa melakukan pengecekkan aki menggunakan avometer,bila ditemukan tegangannya kurang maka bisa dilakukan dengan pengecasan aki.Tetapi bila sudah soak,sobat bisa mengganti dengan yang baru.Namun bila sobat ingin mencoba memperbaiki,simak caranya di cara service aki motor.

8.SETELAN KLEP TIDAK TEPAT

8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet


Setelan klep yang kurang tepat akan membuat tarikan motor menjadi brebet bahkan ada juga yang mengakibatkan motor susah sekali untuk dinyalakan.Jangan melakukan penyetelan klep terlalu rapat dan terlalu renggang,pastikan sesui dengan standart ukurannya.Gunakan alat bantu feller gauge untuk mengukur jarak kerenggangan klep.

Demikian informasi mengenai 8 penyebab dan solusi motor matic brebet,semoga dengan sobat mengetahui akar penyebab masalah maka permasalahan pada motor kesayangan sobat teratasi.

antonkevas.com
antonkevas.com Seorang anak desa yang pernah bekerja di bengkel motor dan sekarang mulai mengelola blog pribadi tentang otomotif yang terangkum dalam antonkevas.com

Tidak ada komentar untuk "8 Penyebab dan Solusi Motor Matic Brebet "