Widget HTML Atas

Advertisements

8 Cara Memperbaiki Lampu Led Redup

 Lampu motor merupakan salah satu elemen penting ketika berkendara,baik di malam hari maupun disiang hari.Hal ini sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.Namun ketika lampu motor bermasalah,bagaimana cara memperbaiki lampu led redup tersebut.

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab lampu motor menjadi redup,mulai dari bohlam lampu,soket atau komponen terkait yang lain.Dan tentu saja akan membuat anda sebagai pemilik sekaligus pengendara merasa pusing.Nah untuk mengatasi hal tersebut,silahkan ikuti penjelasan dibawah ini.

8 Cara Memperbaiki Lampu Led Redup


Penyebab Lampu Led Redup

1.Usia Lampu Led

Salah satu penyebab pertama lampu led redup adalah karena batas usia lampu led.Intensitas pemakaian lampu yang cukup tinggi menjadi pemicu utamanya,apalagi digunakan di siang dan malam hari.Secara umun lampu led mempunyai batas usia sekitar 30.000 jam.

Jadi cukup wajar sekali bila lampu led yang sobat pakai mengalami redup.Sobat bisa melakukan pergantian dengan lampu led baru.Mengingat dipasaran ada 12 merk lampu led terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk lampu motor anda.

Namun bagi sobat yang masih menggunakan bohlam lampu biasa,pastikan bohlam yang sobat pakai sesuai dengan standart pabrikan.Untuk ukuran standart pabrikan biasanya 24 watt 12 volt,35 watt 12 volt dan 55 watt 12 volt.

2.Refletor atau Mika Lampu

Umur sepeda motor yang sudah terlalu lama pasti akan membuat reflektor atau mika lampu menjadi buram.Kondisi yang seperti itu tentu akan membuat fokus sinar lampu menjadi terpecah-pecah sehingga kualitas lampu motor menjadi redup.Atau bisa juga akibat dari reflektor lampu yang meleleh.Baca Penyebab Reflektor Lampu Meleleh dan Cara mengatasinya.

3.Sambungan atau Soket Lampu Kendor

Kondisi sambungan atau soket lampu yang mengalami kendor akan membuat aliran atau tegangan listrik mengalir dengan tidak sempurna.Sehingga arus yang mengalir ke bagian bohlam lampu menjadi tidak stabil dan otomatis nyala lampu led redup.

4.Fitting Lampu Rusak

Kondisi fitting lampu dengan kondisi rusak kerap ditemui pada setiap sepeda motor.Umumnya permasalahan ini terletak dibagian dudukan lampu yang mengalami terbakar,yaitu pada bagian tembaga.

5.Saklar Lampu Rusak

Sepeda motor keluaran terbaru dirancang secara otomatis menyala terus-menerus sepanjang hari.Maka tidak heran apabila banyak keluaran sepeda motor terbaru mengalami saklar lampu rusak.Simak Cara Mengatasi lampu depan vario 125 mati

Atau bisa juga kondisi saklar lampu yang berdebu serta berkarat,bisa menjadi pemicu nyala lampu led menjadi redup.

6.Spul Lampu Lemah

Walaupun jarang sekali terjadi,spul lampu atau spul penerangan yang lemah bisa menjadi penyebab lampu led redup.Untuk memastikannya sobat harus melakukan pengecekkan langsung dibagian spul tersebut.Untuk spul lampu yang normal berada 0,2 - 1,2 ohm.Ikuti Cara Mudah Gulung Spul Sendiri

7.Kiprok Lemah

Kiprok memiliki fungsi sebagai pengubah arus AC dari spul menjadi arus DC.Maka apabila kiprok mengalami masalah tentu akan berpengaruh terhadap lampu.Untuk mengetahui kiprok bermasalah,sobat bisa menyimak di Ciri-ciri Kiprok Mati

8.Aki Lemah

Untuk sepeda motor generasi terbaru,aki motor merupakan salah satu komponen vital.Karena aki merupakan sumber utama penyuplai arus.Dan apabila aki motor mengalami soax tentu akan berpengaruh sekali.Simak 11 Merk aki Motor Terbaik

Cara Memperbaiki Lampu Led Redup

Nah berikut adalah cara mengatasi lampu led redup misal panasonic yang bisa sobat lakukan.

  • Gunakan bohlam lampu led yang sesuai dengan standart pabrikan.Pilihlah merk bohlam lampu yang sudah terkenal,karena biasanya memiliki kualitas lampu yang lebih baik.
  • Lakukan beberapa perawatan dengan menjaga kabel atau soket agar tidak kendor,mengantisipasi kabel yang lecet atau terkelupas atau bahkan fitting lampu yang mengalami kerusakan.
  • Melakukan pemeriksaan secara langsung dibagian spul,kiprok dan aki motor menggunakan avometer.Pastikan tegangan yang dihasilkan sesuai dengan standart.
Demikianlah informasi mengenai 8 cara memperbaiki lampu led redup serta beberapa yang menjadi sumber penyebabnya.Semoga informasi diatas mampu memberikan informasi yang sobat butuhkan saat ini.

Salam Gas Puoll,,





antonkevas
antonkevas A country boy who is starting to learn how to manage a personal blog

Tidak ada komentar untuk "8 Cara Memperbaiki Lampu Led Redup"

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
close
Advertisements